image Bantuan / FAQ
faq
shape
contact
support
bantuan

Anda memiliki pertanyaan seputar Indogold?

Memiliki pertanyaan lain?
Hubungi kami atau kunjungi Pusat Bantuan

IndoGold adalah aplikasi mobile yang menyediakan layanan jual beli emas dengan fasilitas titipan. Emas dititip di perusahaan yang terdaftar dan diawasi OJK.

Untuk membuat akun IndoGold, pastikan Anda telah mengunduh aplikasi IndoGold melalui Play Store untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna Apple. Setelah itu, daftarkan nama lengkap sesuai KTP, nomor ponsel yang masih aktif dan dapat dihubungi, serta alamat e-mail.

Ya. IndoGold adalah perusahaan yang telah resmi terdaftar dan diawasi oleh OJK dengan nomor KEP-50/NB.1/2018.

Anda harus melakukan proses verifikasi agar dapat menggunakan semua fitur yang ada di aplikasi IndoGold. Selain itu, proses ini juga kami lakukan untuk menjaga keamanan transaksi Anda di IndoGold.

Untuk melakukan verifikasi akun, Anda harus mengunggah foto kartu identitas (KTP). Anda juga harus memverifikasi email yang digunakan untuk mendaftar di IndoGold.

Proses verifikasi akun membutuhkan waktu 1-2 hari kerja. Untuk proses verifikasi yang dilakukan di hari libur, akan diproses di hari kerja terdekat.

Akun IndoGold Anda akan dibekukan jika dicurigai ada indikasi ketidakjujuran (fraud) dalam penggunaan layanan IndoGold.

Data ahli waris tidak wajib diisi dan tanpa diisi pun Anda tetap dapat bertransaksi emas melalui aplikasi. Meski begitu, tetap disarankan untuk melengkapinya.

Tidak. Penambahan NPWP tidak diwajibkan. Jika Anda tidak memiliki NPWP, maka hanya perlu verifikasi KTP saja.

Proses verifikasi NPWP akun membutuhkan waktu 1-2 hari kerja. Untuk proses verifikasi yang dilakukan di hari libur maka akan diproses di hari kerja berikutnya.

Akun Anda akan tetap terverifikasi, namun harga beli emas akan lebih tinggi karena dikenakan pajak PPh 22 sebesar 0.9%.

Dianjurkan membuat akun atas nama suami. Namun, jika sudah terlanjur membuat akun, Anda bisa menggunakan NPWP suami dengan syarat dalam pelaporan SPT suami tercantum Anda dan suami menggunakan satu nomor NPWP. Selain itu, unggah Kartu Keluarga (KK) Anda di bagian Ahli Waris untuk keperluan verifikasi. Pastikan KK yang diunggah merupakan KK terbaru yang mencantumkan nama Anda dan suami.

Untuk mengunggah NPWP, silahkan buka aplikasi IndoGold Anda. Lalu pilih menu "Akun Saya" di bagian kanan bawah. Selanjutnya, pilih "Pengaturan Akun". Pilih bagian NPWP dan unggah foto NPWP Anda. Tim IndoGold akan memverifikasi data tersebut.

Ya. Jika NPWP Anda telah diverifikasi, maka Anda bisa menikmati harga beli emas yang lebih rendah dengan potongan pajak PPh 22 lebih rendah, yaitu 0.45%.

Untuk verifikasi email, pilih menu "Akun Saya" lalu pilih "Pengaturan Akun". Klik bagian email. Link verifikasi akan dikirim ke email Anda. Klik link verifikasi yang ada di dalam email dan silakan tunggu beberapa menit untuk melihat status Anda kembali menjadi terverifikasi.

Untuk membeli emas di IndoGold, Anda harus masuk ke akun IndoGold Anda. Lalu pilih kategori "Beli Emas". Selanjutnya, masukkan jumlah emas yang ingin Anda beli. Jika Anda memiliki budget tertentu untuk membeli emas, Anda dapat memasukkan jumlah budget yang Anda miliki. Selanjutnya, kami akan menampilkan jumlah emas yang Anda dapatkan berdasarkan budget yang Anda miliki.

Tidak. Emas yang sudah dibeli akan dititipkan kepada IndoGold dan tercatat dalam akun IndoGold Anda. Anda dapat melakukan pengambilan atau penarikan emas jika jumlah emas Anda sudah mencapai satuan emas (dalam gram) yang tersedia di pasaran, sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku di IndoGold.

Jumlah minimum untuk pembelian emas adalah 0,001 gram. Jika dikonversikan dalam rupiah, maka harga minimumnya mengikuti harga emas dunia di hari Anda melakukan pembelian.

Tidak. Anda bisa membeli emas dalam jumlah berapa pun.

Tidak. Anda dapat melakukan pembelian emas selanjutnya kapan saja.

Hal ini karena pasar emas dunia tutup di hari Sabtu dan Minggu. Karena aplikasi IndoGold mengikuti harga emas dunia, maka saat pasar emas dunia tutup di akhir pekan, pergerakan harga di aplikasi IndoGold juga tidak berubah.

Ya. Harga pembelian emas di IndoGold sudah termasuk PPh 22 yang nilainya bervariasi berdasarkan kepemilikan NPWP. Jika data NPWP pengguna sudah diverifikasi, maka harga pembelian akan dipotong pajak lebih rendah sebesar 0.45%. Sedangkan bagi yang tidak mengunggah atau tidak memiliki NPWP, besarnya pajak menjadi 0.90%.

Anda dapat mengambil emas jika jumlah emas yang Anda miliki sudah mencapai satuan emas (dalam gram) yang tersedia di pasaran, misalnya 1 gram, 2 gram, dst.

Untuk mengambil emas, Anda harus masuk ke akun IndoGold Anda. Pilih kategori "Tarik Barang", Pilih merk, ukuran barang, alamat pengiriman dan metode pembayaran. Pastikan Anda telah melengkapi nama dan alamat sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan mengunggah foto KTP Anda.

Ya. Anda dapat memasukkan maksimal 2 (dua) alamat berbeda di profil IndoGold Anda.

Ya. Anda akan dikenakan biaya sertifikat emas, pengiriman dan asuransi pengiriman saat melakukan pengambilan atau penarikan emas. Untuk pengambilan di kantor IndoGold tidak dikenakan biaya pengiriman dan asuransi pengiriman.

Biaya asuransi pengiriman dibebankan secara otomatis jika Anda memilih pengiriman menggunakan pihak ketiga.

Biaya asuransi pengiriman akan dibebankan secara otomatis dengan biaya asuransi sebesar 0.5% dari nilai buyback emas.

Untuk menjual emas di IndoGold, Anda harus masuk ke akun IndoGold Anda. Lalu pilih kategori "Jual Emas". Setelah itu, masukkan jumlah gram emas yang ingin Anda jual. Saldo rupiah anda akan bertambah setelah berhasil melakukan penjualan. Pastikan data KTP Anda telah terverifikasi sebelum melakukan penjualan.

Kamu bisa menjual emas dalam akunmu langsung dari aplikasi meskipun belum mencapai 1 gram.

Ada. Minimal nilai transaksi penjualan emas adalah Rp10.000-an atau 0,02 gram dan maksimal penjualan emas per transaksi adalah Rp100.000.000,-. Jika ingin menjual emas di atas nominal tersebut, silakan lakukan dua atau lebih transaksi penjualan emas.

Perbedaan antara Basic Member dengan Gold Member dapat dibaca pada artikel disini

Indogold coin adalah fitur yang disediakan di aplikasi mobile Indogold yang bekerja sama dengan PT Tiga Inti Utama (TRIV) untuk menyediakan fasilitas jual beli cryptocurrency

Transaksi Indogold Coin bersifat otomatis real-time 24/7 dimana tidak dibutuhkannya campur tangan manusia secara manual, sehingga transaksi bisa dilakukan kapanpun. Namun apabila anda membutuhkan bantuan pelanggan, anda dapat menghubungi kami pada halaman: https://www.indogold.id/contact

Pada umumnya order di Indogold Coin diproses secara instant secara 24 jam. Ada saatnya kala status berubah menjadi failed / pending, yang berarti anda salah memasukkan akun tujuan (salah ketik / salah input). Harap segera menghubungi customer service kami untuk meminta bantuan.

Caranya cukup mudah :

  1. Login di aplikasi Indogold Anda
  2. Pastikan Anda sudah melakukan KYC dan akun bank sudah terverifikasi
  3. Buka menu Indogold Coin

Anda tidak perlu menghubungi customer service kami untuk memulai melakukan transaksi, karena transaksi di IndoGold Coin dikerjakan secara otomatis oleh sistem 24/7.

Kamu dapat melakukan deposit mulai dari Rp25,000 menggunakan berbagai macam metode pembayaran yang tersedia dan bertransaksi melakukan jual beli koin kripto mulai dari Rp50,000.

Di dalam fitur Wallet, kamu dapat melakukan deposit untuk melakukan transaksi pembelian koin kripto di IndoGold Coin. Kamu juga dapat menjadikan Wallet sebagai penarikan uang yang dapat ditransfer ke rekening bank yang kamu daftarkan.

  1. Untuk bertransaksi membeli koin kripto di IndoGold Coin, kamu harus login di akun IndoGold terlebih dahulu.
  2. Kemudian pilih menu Indogold Coin, selanjutnya pilih koin kripto yang ingin dibeli.
  3. Masukkan jumlah koin yang ingin dibeli atau berdasarkan nilai rupiah, selanjutnya klik tombol Beli.
  4. Akan muncul halaman ringkasan pembelian, klik tombol Lanjutkan
  5. Masukkan kode verifikasi yang dikirim ke email, klik tombol Lanjutkan
  6. Masukkan PIN Anda, klik tombol Lanjutkan
  7. Pembelian berhasil
  8. Ketika selesai, koin kripto Anda akan otomatis bertambah.
  1. Untuk bertransaksi menjual koin kripto di IndoGold Coin, kamu harus login di akun IndoGold terlebih dahulu.
  2. Kemudian pilih menu Indogold Coin, selanjutnya pilih koin kripto yang ingin dijual.
  3. Masukkan jumlah koin yang ingin dijual, selanjutnya klik tombol Jual.
  4. Akan muncul halaman ringkasan penjualan, pilih tujuan penarikan baik ke rekening bank yang kamu daftarkan ataupun e-wallet yang tersedia (Dompet Triv, Gopay, OVO, DANA, LinkAja, ShopeePay). Lalu klik tombol Lanjutkan
  5. Masukkan kode verifikasi yang dikirim ke email, klik tombol Lanjutkan
  6. Masukkan PIN Anda, klik tombol Lanjutkan
  7. Penjualan berhasil
  8. Ketika selesai, dana akan masuk ke rekening bank anda secara otomatis dalam waktu maksimal 30 menit.
  1. Login ke akun IndoGold Coin, dan pilih deposit pada Wallet
  2. Pilih apa yang akan digunakan untuk deposit: rekening bank atau e-money.
  3. Input nominal yang ingin anda deposit ke akun IndoGold Coin.
  4. Lanjutkan hingga halaman pembayaran, setelah menemukan prosedur cara melakukan pembayaran dan melakukan transfer, pembayaran akan terdeteksi secara otomatis selama maksimal 2 menit.
  1. Kamu belum melakukan KYC secara lengkap dan diverifikasi.
  2. Kamu belum mengisi email di menu Akun Saya > Pengaturan Akun.
  3. Akun bank belum terverifikasi, silahkan cek di menu Akun Saya > Data Saya.
  4. Kamu belum meng-update aplikasi IndoGold ke versi terbaru, pastikan kamu melakukan update aplikasi untuk menikmati fitur IndoGold Coin.
  5. Kamu sudah memiliki nomor handphone yang sudah terdaftar di akun TRIV sebelumnya, untuk menikmati fitur IndoGold Coin pastikan kamu menggunakan nomor handphone yang berbeda dengan akun TRIV sebelumnya dan atau belum terdaftar sebelumnya di akun TRIV.

Anda bisa hubungi kami melalui email ke support@indogold.id, atau telepon di (021) 59728611.